Stadion Sepak Bola Terbaik di Dunia

|| || , || Leave a comments









Estadio Azteca (Meksiko)


Berlokasi di ibukota Mexico, Mexico City, dan diresmikan pada tahun 1966. Stadion yang dapat menampung 105.000 ini adalah stadion terbesar ke 3 di benua Amerika dan merupakan stadion resmi Tim Nasional Meksiko. Nama “Azteca” merupakan penghargaan bagi leluhur bangsa Meksiko.
Di stadion inilah tempat terjadinya “gol tangan Tuhan” Maradona saat Argetina bertemu Inggris di babak perempat final Piala Dunia 1986.

Camp Nou (Spanyol)


Pecinta klub sepak bola asal Spanyol, Barcelona, pasti sudah tidak asing dengan stadion yang satu ini.
Camp Nou yang diresmikan pada bulan September tahun 1957 merupakan stadion terbesar di Eropa dan terbesar ke 11 di dunia dengan total biaya pembangunan sebesar hampir 3 juta dollar Amerika.
Selain digunakan untuk melangsungkan pertandingan sepak bola stadion ini juga seringkali digunakan sebagai tempat konser musik akbar, musisi kelas dunia sepertiJulio Iglesias,  U2 dan Michael Jackson pernah mengadakan konser disini.

Santiago Bernabeu (Spanyol)


Satu lagi stadion milik klub sepak bola asal Spanyol yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta sepak bola. Stadion kebanggaan klub Real Madrid yang sudah berdiri sejak tahun 1947 ini sebelumnya bernama Nuevo Estadio Chamartín yang kemudian berganti nama menjadi Estadio Santiago Bernabeu pada tahun 1955. Di stadion ini pernah berlangsung laga final Piala Eropa 1964 dan Piala Dunia 1982.

Old Trafford (Inggris)


Inilah markas besar Setan Merah atau yang lebih dikenal dengan Manchester United. Old Trafford sudah berdiri sejak tahun 1910 dan merupakan stadion terbesar nomor 2 di Inggris dan terbesar nomor  11 di dunia, stadion ini juga merupakan salah satu bangunan di Inggris yang memiliki nilai sejarah tinggi. Jika anda punya kesempatan untuk berkunjung ke Old Trafford pastikan anda mampir di Red Cafe, tempat  dimana para fans bisa bertemu para pemain bahkan mantan pemain MU sambil santai bersama.

Louis II , (Monaco)


Meskipun tidak termasuk di deretan stadion terbesar dan tidak terlalu memiliki nilai sejarah yang istimewa, namun menurut kami stadion Louis II layak untuk masuk ke kategori stadion terbaik karena keindahan desain arsitekturnya yang menyatu dengan fungsi bangunan kota. Stadion yang dikenal sebagai stadion ternyaman di Eropa ini juga merupakan rumah dari kesebelasan AS Monaco.

San Siro (Italia)


Stadion San Siro terletak di distrik San Siro di Kota Milan, Italia. Stadion yang memiliki nama lengkap "Nuovo Stadio Calcistico San Siro" (San Siro New Football Stadium) ini menjadi rumah bagi 2 klub sekaligus yakni AC Milan dan Inter Milan. Saat menjelang perhelatan piala dunia 1990, San Siro mengalami renovasi besar-besaran yang menghabiskan total biaya sebesar 60 juta dollar US.
Apabila anda sedang ke Milan, sempatkanlah untuk menonton pertandingan langsung di San Siro, atau jika sedang tidak ada jadwal pertandingan kami tetap menyarankan anda untuk mengikuti tour keliling stadion dimana anda bisa melihat-lihat seluruh isi dari San Siro, dan bahkan bisa melihat pemandangan kota Milan dari atas menara Stadion.

Maracana (Brazil)


Stadion ini memiliki nama resmi  Estádio Jornalista Mário Filho, namun karena lokasinya yang berada di daerah Maracana, Rio de Janeiro maka lebih dikenal sebagai Stadion Maracana. Mulai dibangun pada pertengahan tahun  1948 saat Brazil hendak menjadi tuan rumah Piala Dunia 1950.
Saat menyambut ulang tahunnya yang ke 50 tahun, Stadion Maracana yang semula dapat menampung 85.000 penonton mengalami renovasi sehingga mampu menampung 103.000 pengunjung.

Stadio Olimpico (Italia)


Stadio Olimpico adalah stadion utama dan fasilitas olahraga terbesar di Roma, Italia. Mulai dibangun sejak tahun 1928, stadion ini mengalami beberapa kali renovasi dan perubahan nama sampai pada akhirnya nama Stadio Olimpico mulai digunakan saat stadion ini dijadikan sebagai tempat berlangsungnya acara pesta pembukaan dan penutupan olimpiade musim panas tahun 1960 saat Italia menjadi tuan rumah, nama Stadio Olimpico digunakan hingga saat ini.

Azadi (Iran)


Stadion Azadi terletak di sebelah barat kota Teheran. Stadion ini dibangun dengan menggunakan standard internasional pada tahun 1971 untuk persiapan Asian Games tahun 1974.
Stadion yang semula bernama Stadion Aryamehr ini berganti nama menjadi Stadion Azadi setelah revolusi Iran yang terjadi pada tahun 1979. Azadi dalam bahasa Persia artinya “Merdeka”.

International Stadium Yokohama (Jepang)


Stadion yang diresmikan pada tahun 1998 ini menelan biaya pembuatan yang mencapai lebih dari 60 miliar Yen. International Stadium Yokohama atau yang memiliki nama lain Nissan Stadium ini merupakan stadion terbesar di Jepang dan Stadion tercanggih di dunia. Memiliki atap yang bisa dibuka-tutup dan jaringan pipa air hangat untuk menyiram rumput lapangan.
Demikian 10 stadion sepak bola terbaik di dunia versi Asiabetking. Bagaimana dengan versi anda?